IKUTI
  • 8 bulan yang lalu / Lin Asbania, jembatan Anda menuju tanah suci. Bergabunglah dengan ribuan jamaah yang telah merasakan keindahan ibadah umroh dan haji
7 Tempat yang Dikunjungi Saat Umroh, Semua Wajib Kesini Ya!

7 Tempat yang Dikunjungi Saat Umroh, Semua Wajib Kesini Ya!

Oleh : admin - Kategori : Panduan
8
Mei 2023

Ada banyak keistimewaan umroh yang membuat umat Muslim begitu ingin menunaikannya. Mulai dari dikabulkannya doa yang dipanjatkan saat umroh hingga mampu menghilangkan kefakiran, berbagai keistimewaan atau keutamaan ibadah tersebut membuatnya sangat ingin dilakukan oleh umat Muslim. 

Selain mengetahui tata cara yang benar dalam melaksanakannya, memiliki wawasan terkait tempat yang dikunjungi saat umroh tentunya juga penting. Dengan demikian, kamu pun bisa lebih menghayati setiap kunjunganmu di tempat-tempat bersejarah tersebut.  

1. Masjidil Haram dan Kabah  

Masjidil Haram tentunya menjadi tempat yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Selain menjadi arah kiblat bagi umat Muslim, ini juga merupakan masjid tertua di dunia. Namun demikian, keistimewaan utama dari Masjidil Haram adalah karena ada Ka’bah di dalamnya. 

Bahkan, tak kurang dari 40 kali, Masjidil Haram disebutkan dalam Al-Qur’an. Salah satu di antaranya dalam Ali Imran ayat 96:

“Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.”

2. Masjid Nabawi  

Menjadi tempat yang dikunjungi saat umroh, masjid ini awalnya adalah bekas rumah Rasulullah yang ditinggali ketika beliau hijrah ke Madinah pada 622 Masehi. Adapun keistimewaan khusus dari Masjid Nabawi yang tak dimiliki masjid-masjid lainnya, yakni adanya Raudhah (taman) mulia. Hal tersebut disabdakan Rasulullah dalam hadisnya, “Di antara rumahku dengan mimbarku terdapat salah satu Raudhah (taman) di taman-taman surga,” (Muttafaq alaih).

Hadis yang dirawayatkan oleh Ahmad, Ath-Thabrani dan At-Tirmidzi juga menyebut jika Rasulullah pernah bersabda bahwa:

 “Barangsiapa shalat empat puluh shalat di masjidku ini dan tidak ada satu shalat pun yang terlewatkan darinya, ia ditulis bebas dari neraka, bebas dari siksa dan bebas dari kemunafikan,”

3. Masjid Quba  

Tempat religi penting berikutnya adalah Masjid Quba, yang menjadi masjid tertua dalam sejarah perkembangan agama Islam. Ini juga menjadi masjid pertama yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW, yang tepatnya dibangun pada 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi salah satu masjid yang disebut dalam Al-Qur’an, terutama pada Surah At Taubah ayat 108:

“Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) bersembahyang di dalamnya….”

4. Jabal Rahmah  

Jabal Rahmah adalah sebuah bukit batu setinggi 70 meter, yang mana bagian puncaknya menjadi tempat pertemuan Nabi Adam AS dengan Siti Hawa untuk pertama kalinya setelah mereka diturunkan ke bumi. Selain itu, bukit ini juga menjadi tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu terakhirnya, yang terjadi saat beliau melakukan wukuf

5. Jabal Uhud  

Berada di sebelah utara Kota Madinah, gunung ini begitu istimewa karena menjadi saksi bisu pertempuran dahsyat antara kaum muslimin dan tentara Quraisy. Dalam pertempuran itu, paman Nabi, Hamzah bin Abdul Muththalib, beserta 70 syuhada lainnya gugur. Bahkan, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Bukhari, dikatakan:

“Jika kita hendak melihat bukit yang terdapat di surga, maka ziarahlah ke Gunung Uhud. Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Gunung Uhud adalah salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga’.”

6. Gua Hira  

Gua Hira terletak di atas puncak Jabal Nur atau sering disebut juga Gunung Bercahaya. Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu pertamanya di gua yang berjarak sekitar 4 km dari Masjidil Haram ini, yang kala itu disampaikan melalui Malaikat Jibril. Surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5 menjadi wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW di Gua Hira kala itu. 

7. Jabal Tsur  

Di puncak Jabal Tsur terdapat sebuah gua kecil yang menjadi tempat persembunyian Rasulullah SAW dan sahabatnya Abu Bakar RA saat lari dari kejaran para kafir Quraisy. Atas pertolongan Allah SWT, saat kaum Quraisy yang mengejar Rasulullah tiba tepat di depan Gua Tsur, tiba-tiba secara ajaib muncul sarang laba-laba dan sarang burung merpati yang menutupi mulut gua. 

Rasulullah SAW dan Abu Bakar pun bersembunyi di gua tersebut selama 3 hari 3 malam. Kala itu, Rasulullah dan para sahabatnya dikatakan sedang melakukan hijrah dari Mekkah untuk menuju sebuah kota baru yang nantinya dikenal dengan nama Madinah. 

Itulah beberapa tempat yang dikunjungi saat umroh. Untuk memperdalam wawasan seputar ibadah umroh, baca artikel lainnya, mulai dari berbagai hal seputar persiapan sebelum umroh hingga apa saja larangan umroh yang harus diperhatikan

Untuk layanan umroh terbaik dan amanah, kamu tidak perlu bingung karena ada Lin Asbania, biro umroh dan haji plus yang sudah berpengalaman sejak tahun 2015. Berkomitmen tinggi untuk memastikan keberangkatan umroh dan haji setiap jemaahnya berjalan lancar, berbagai fasilitas berkualitas juga dihadirkan untuk memastikan kenyamanan jemaah.

0 Komentar

Data Perusahaan

PT Lin Ash Bania

SIUP REG NO : TIMS/BPW038
TDUP Nomor : 556.3/30/Bpw/DPM-PTSP/VI/2018
SITU IZIN KEMENTERIAN AGAMA RI SK PPIU NO: U.143 TAHUN 2020
NPWP 72.764.915.4-518.000
Jl Tlogosari Raya 1 No.73 Semarang - 50196

0812-3329-2767

(024) 6702489

Tentang Lin Asbania

PT. Lin Asbania adalah perusahaan yang bergerak di bidang biro perjalanan wisata dan penyelenggaraan ibadah umroh. Meskipun perusahaan relatif muda, kami memiliki tim yang berpengalaman dan profesional dalam bidangnya. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kami.