IKUTI
  • 8 bulan yang lalu / Lin Asbania, jembatan Anda menuju tanah suci. Bergabunglah dengan ribuan jamaah yang telah merasakan keindahan ibadah umroh dan haji
6 Tips Memilih Travel Umroh yang Tepercaya, Penipu Minggir Dulu

6 Tips Memilih Travel Umroh yang Tepercaya, Penipu Minggir Dulu

Oleh : admin - Kategori : Bisnis
4
Mei 2023

Sudah pernah dengar kasus-kasus penipuan biro umroh? Adanya berita seperti ini pastinya membuat Anda ragu ketika akan memilih biro umrah. Bagaimana, sih, cara memilih biro umroh yang tepat agar kita terhindar dari kasus penipuan?

Nah, di artikel ini Anda bisa menjumpai enam poin tips memilih travel umroh yang tepat. Dengan menerapkan cara-cara berikut, Anda bisa menekan risiko penipuan yang membuat rencana berangkat umrah gagal terlaksana. Yuk, pelajari selengkapnya!

1. Pastikan Biro Umrah Terdaftar di Kementerian Agama

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penipuan bisnis biro umroh adalah dengan mengetahui status izin operasional biro tersebut. Pastikan biro umrah, atau yang secara resmi disebut sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) terdaftar di Kementerian Agama.

Apakah perlu berangkat ke kantor Kementerian Agama untuk mengecek izin operasional ini? Tidak, kok. Anda bisa mengecek izin operasional PPIU di website Kementerian Agama,. 

Di laman tersebut, mencari PPIU tempat Anda ingin mendaftar umrah bisa dilakukan dengan mudah. Anda tinggal ketikkan nama perusahaan PPIU tersebut dan klik ‘Cari PPIU’. Jika Anda bisa menemukan nama PPIU tersebut di hasil pencarian, maka PPIU tersebut sudah terdaftar di Kementerian Agama.

2. Periksa dan Pertanyakan Dokumen-Dokumen Legalitasnya

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mempertanyakan berbagai dokumen legalitas yang perlu ada ketika mendirikan PPIU kepada pihak biro. Beberapa dokumen legalitas yang dimaksud misalnya seperti:

  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata (SITU Pariwisata) yang diterbitkan Kementerian Pariwisata
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Sebenarnya, ada banyak dokumen legalitas yang diperlukan untuk mendaftarkan perusahaan sebagai PPIU. Akan tetapi, paling tidak tiga dokumen di atas merupakan berkas legalitas yang bisa Anda cari tahu dari PPIU terkait.

3. Pastikan Terdapat Kantor Fisik dengan Alamat yang Real 

Akan lebih baik jika Anda memilih biro umrah (PPIU) dengan kantor fisik. Artinya, ada bangunan biro umrah yang dibangun di alamat yang disebutkan. Dengan memilih PPIU yang punya kantor fisik, Anda bisa melihat bagaimana operasional biro tersebut secara langsung.

Hal ini juga bisa membantu Anda ketika ingin bertanya-tanya langsung dengan pihak biro. Terutama jika Anda penasaran dengan hal yang berkaitan dengan paket wisata umrah yang ditawarkan.

4. Pastikan Track Record-nya Positif dan Testimoni yang Real

Setiap bisnis pastinya akan berusaha hanya menampilkan hal-hal positif terkait usaha yang dilakukannya. Bahkan, tak jarang ada bisnis yang ‘memamerkan’ testimonial palsu kepada para target pasarnya. 

Jika jemaah tidak teliti, testimonial palsu ini bisa menipu. Alhasil, calon jemaah bisa mengalami kerugian secara finansial.

Agar hal ini tidak terjadi, Anda perlu pastikan biro umrah tersebut memiliki track record yang baik. Artinya, biro umrah tersebut tidak pernah terlibat kasus penipuan pelaksanaan umrah maupun kasus-kasus lain yang bersifat negatif. 

Nah, Anda juga bisa meminta testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa biro umrah tersebut. Coba tanyakan kepada mereka seperti apa pelayanan yang diberikan serta apakah biaya yang diterapkan sesuai dengan pelayanan yang didapatkan. Tanyakan juga apakah ada red flag yang mengarah ke ciri biro umroh bodong.

5. Wajib Cek Fasilitas yang Diberikan

Mengetahui fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan bisa membantu untuk menilai apakah biro umrah itu worth it atau tidak. Ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih biro umrah nantinya. 

Misalnya, Anda menjumpai travel umrah harga yang murah dibandingkan travel lainnya. Akan tetapi, fasilitas yang ditawarkan diklaim sebagai fasilitas bintang 5. Pada kasus seperti ini, akan lebih baik jika Anda tidak terlalu cepat percaya dengan klaim tersebut. 

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa bertanya kepada orang lain yang sudah pernah merasakan pelayanan dari biro umrah tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan apakah mau lanjut mendaftar di biro umrah tersebut atau tidak.

6. Ingat! Jangan Tergiur Harga Murah

Tips memilih travel umroh selanjutnya adalah dengan mengingat bahwa harga murah tidak selamanya menjadi pilihan tepat. 

Memang, harga umrah yang murah bisa membantu Anda untuk berhemat. Nantinya, uang yang sudah disiapkan bisa dialokasikan ke kebutuhan lain–misalnya seperti pengurusan berkas persyaratan diantaranya: paspor, vaksin meningitis, atau bahkan membeli oleh-oleh saat pulang dari umrah nanti. 

Akan tetapi, Anda perlu lebih berhati-hati dengan biaya ‘murah’ ini. Bisnis tentunya tak mau rugi, bukan? Maka dari itu, pasti ada yang akan dikompromikan–bisa jadi dari aspek pelayanan maupun fasilitas yang akan diberikan saat umrah.

Maka dari itu, Anda perlu mengulik lebih dalam tentang apa saja fasilitas yang ditawarkan. Pastikan Anda mendapatkan pelayanan yang baik dan kenyamanan Anda selama beribadah terjamin. Pastikan juga biro umrah akomodatif dan mau membantu Anda mengurus perizinan ini-itu sebelum umrah. Bukankah mendapatkan kemudahan sebelum hingga sesudah umrah merupakan alasan kenapa umrah harus pakai travel?

Nah, itulah beberapa poin tips memilih travel umroh yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat, ya! 

Kalau Anda masih mencari biro umrah yang sudah terdaftar di Kementerian Agama, amanah, serta sudah berpengalaman, Lin Asbania Tour jawabannya! Sejak 2015, Lin Asbania sudah berpengalaman menangani penyelenggaraan ibadah umrah dan haji plus ribuan jemaah. Saat ini, Lin Asbania Tour sudah memiliki empat cabang, yaitu Semarang, Pemalang, Kuningan, dan Bojonegoro.

Bersama Lin Asbania Tour, ibadah umrah yang Anda inginkan bisa terlaksana dengan mudah. Insyaallah!

0 Komentar

Data Perusahaan

PT Lin Ash Bania

SIUP REG NO : TIMS/BPW038
TDUP Nomor : 556.3/30/Bpw/DPM-PTSP/VI/2018
SITU IZIN KEMENTERIAN AGAMA RI SK PPIU NO: U.143 TAHUN 2020
NPWP 72.764.915.4-518.000
Jl Tlogosari Raya 1 No.73 Semarang - 50196

0812-3329-2767

(024) 6702489

Tentang Lin Asbania

PT. Lin Asbania adalah perusahaan yang bergerak di bidang biro perjalanan wisata dan penyelenggaraan ibadah umroh. Meskipun perusahaan relatif muda, kami memiliki tim yang berpengalaman dan profesional dalam bidangnya. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kami.